KODE IKLAN DFP 1 Setting Useetv Indihome Biar Dapat Dipakai Bersamaan Hotspot Mikrotik Via Wireless | pinsoon92

Setting Useetv Indihome Biar Dapat Dipakai Bersamaan Hotspot Mikrotik Via Wireless

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
FYI : Bagi anda yang pernah membaca Artikel aku yang berjudul "Tutorial Setting Koneksi Useetv Via Wireless" aku informasikan Bahwa Tutorial tersebut Sedikit Berbeda dengan Tutorial ini. Perbedaanya terletak pada Jalur Koneksinya. Pada tutorial "Tutorial Setting Koneksi Useetv Via Wireless" aku hanya meneruskan Koneksi UseeTv melaui Wireless, atau dapat dibilang Mengganti Kabel LAN dengan Wireless. Sedangkan Pada tutorial ini kasusnya Berbeda. di tutorial ini Koneksi UseeTV akan kita hubungkan Menggunakan Wireless juga, namun Jalur Wireless yang kita pakai yakni jalur wireless yang berasal dari Mikrotik dan Berfungsi Sebagai Hotspot.


Setting Useetv Indihome Agar dapat dipakai Bersamaan dengan Hotspot Mikrotik Via Wireless, galau juga aku mw nulis judulnya  kayak gimana jadinya judulnya aga kepanjangan, pada dasarnya kira2 menyerupai gambar dibawah
Telkom Indonesia sebagai salah satu ISP terbesar di indonesia kini menghadirkan sebuah layanan gres yang kini kita kenal dengan istilah INDIHOME yang di dalamnya termasuk paket TriplePlay( kira2 sperti itu tulisanya) yang didalam 1 paket udah di sediain 3 layanan, yaitu Telepon rumah,Intenet, sama Useetv

Nah, ada beberapa lokasi di pinggiran kota di beberapa kawasan yang tidak dapat mendaftar untuk menikmati layanan INDIHOME ini dengan alasan wilayah pinggiran kota belum tercover oleh telkom di tempat saya, salah satunya kawasan  Tempat aku tinggal :D

aku mengambil inisiatif untuk memasang INDIHOME di rumah kenalan aku yang mana daerahnya dapat tercover oleh dan telkom, dan akan aku teruskan ke Rumah aku melalui mediator Wireless. karenanya aku pun dapat berinternetan di rumah memakai INDIHOME, namun yang jadi persoalan aku tidak dapat menikmati Useetv padahal pembayaran Iuran sudah termasuk dengan useetv itu sendiri.
tak mungkin lah aku menarik kabel dari Modem yang jaraknya kurang lebih 5km ke STB yang ada di rumah saya
dari pada kepanjangan ceritanya mending eksklusif ke pembahasan aja ya

perangkat yang di butuhkan
  1. Modem Indihome (udah ada dari telkom)
  2. Radio Wireless 2 buah. brand dan type diadaptasi dengan kebutuhan anda, yang penting keduanya dapat dijalankan di mode BRIDGE. pada masalah ini aku memakai Wireless AP keluaran ubiquity brand airgrid dan nanobridge. sebab berdasarkan aku mungkin ini radio yang pas untuk jarak 5km
  3. Mikrotik. Terserah maw pake routerboard atau routeros versi berapapun. namun aku memakai RB750 karena mikrotik rb750 yang paling pas dengan kantong aku :v
  4. STB (Udah ada dari Telkom)
  5. HUB. Ini Optional aja. namun aku pribadi menggunakanya untuk memisahkan koneksi internet dengan koneksi useetv. sebab nantinya koneksi internet akan aku teruskan lagi ke AP lain. 
  6. TV
Caranya :
Setting Modem Indihome anda. namun pada umumnya Modem sudah di setting oleh Pihak telkom     dengan pengaturan menyerupai ini : Port 1,2,3 untuk Internet dan Port 4 Untuk useetv. jadi aku rasa       untuk tahap ini dapat di skip 

setting mikrotik anda, pastikan mikrotik anda sudah dapat mengakses internet, begitupun client di belakang mikrotik. 

Mikrotik Ether 1 = public (192.168.1.2)
Mikrotik Ether 2 = local(192.168.2.1)
Mikrotik Ether 3 = hotspot(192.168.3.1)
Mikrotik Ether 4 = backup(192.168.4.1)
Mikrotik Ether 5 = proxy(192.168.5.1)

Port mikrotik yang akan kita gunakan yaitu Port 1 (public), Ether 3 (Hotspot) dan Port 4 (Backup)
port 2 dan 5 dapat kita abaikan dulu
untuk Port 4,5 dapat di remove dahulu network addressnya dari winbox sehinggan hasilnya kira2 menyerupai ini

Proses pemasangan kabel
  • Colok Kabel di Port1 modem ke port 1 mikrotik (public)
  • Colok Kabel di Port4 modem ke port 4 mikrotik (Backup)
  • Colok Kabel di Port3 mikrotik (Hotspot) ke Port Access Point
Konfigurasi VLAN

  • di sajian interface winbox tambahkan sebuah VLAN baru dan beri nama VLANUseeTV,
  • VLAN ID di isi = 2
  • Interface pilih = Hotspot


Setting Bridge
  • Masuk Kemenu Bridge, dan tambahkan Bridge baru

  • Beri nama Bridgenya = BridgeTV
  • Pindah ke tab Ports
  • Tambah Port gres untuk BridgeTV. Pada interface Pilih VLANUseeTV
  • Tambah Port baru lagi, namun interface yang di pilih yakni port4 (Backup)

Setting Radio

  • radio 1 di setting sebagai access point pada mode bridge
  • radio 2 di setting sebagai station pada mode bridge
  • kabel dari radio 2 dapat di colok eksklusif ke TV, namun dapat juga di colok ke HUB dahulu dan selanjutnya ke TV
Setting STB
  • Masuk ke sajian setting STB dan pastikan VLAN di STB yakni 2
Selesai :D


Update 15 Oktober 2016
Menjawab pertanyaan dari saudara Hadi maka aku sertakan Juga gambar instalasi Kabel

 Bagi anda yang pernah membaca Artikel aku yang berjudul  Setting Useetv Indihome Agar dapat dipakai Bersamaan Hotspot Mikrotik Via Wireless

Ket
Merah = Port 1 Modem --- Port 1 Mikrotik (Internet)
Biru   = Port 4 Modem ---- Port 4 Mikrotik (UseeTV)
Hijau = Port 3 Mikrotik --- Wireless Access Point (Hotspot + UseeTV)




KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2