KODE IKLAN DFP 1 Rangkaian Remot Perangkat Elektronik Memakai Dtmf Cm8870 Tanpa Microcontroller | pinsoon92

Rangkaian Remot Perangkat Elektronik Memakai Dtmf Cm8870 Tanpa Microcontroller

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Assalamualaikum
Pada project kali ini aku sedang menciptakan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat memakai IC CMOS DTMF Receiver yaitu IC CM8870PI.
 Pada project kali ini aku sedang menciptakan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengendal Rangkaian Remot Perangkat Elektronik memakai DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller
Komunikasi data tanpa kabel yang berfungsi Untuk mengendalikan sebuah perangkat dari jarak yang jauh memang sudah bukan hal yang Istimewa kini ini. Dengan memakai media Infrared ,Bluetooth, wireless dan lainya, sebuah perangkat atau alat sanggup berkomunikasi dengan perangkat lain tanpa terhubung eksklusif memakai kabel fisik sehingganya banyak dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari ibarat Remot TV, AC, MP3 player dan masih banyak lagi.

Pada Artikel sebelumnya perihal Kontrol lampu memakai Bluetooth, Arduino dipakai untuk berkomunikasi dengan Lampu yang terhubung memakai sebuah media Bluetooth yang berfungsi Meng-On kan ataupun Meng-Off kan Lampu yang diputus dan disambungkan melalui Sebuah modul relay. Karena jarak jangkauan maksimal Bluetooth hanya sekitar beberapa meter mengakibatkan bLuetooth maka Peran Bluetooth sanggup digantikan dengan Media lainya ibarat Wireless mengingat wireless sanggup diperluas jangkauanya dengan adanya perangkat komplemen yang berfungsi sebagai repeater.

Jika jarak jangkauan yang diharapkan sangatlah jauh maka budget yang diharapkan untuk membangun infrastruktur Repeater menjadi besar pula. Maka pada titik ini Wireless dinilai kurang efisien sehingga sanggup digantikan memakai media Internet namun dengan syarat perangkat pengontrol dan yang dikontrol harus sama-sama terhubung ke internet untuk sanggup saling berkomunikasi. 

Salah satu trik yang sanggup di gunakan untuk mengatasi masalah-masalah Jarak jangkau sebuah alat kontrol sanggup di atasi dengan memanfaatkan Layanan GSM (SMS Ataupun Telepon) Operator Seluler. 

Beberapa waktu yang kemudian aku mencoba menciptakan sebuah alat untuk mengendalikan Perangkat Listrik dari jarak jauh memakai IC DTMF Receiver memakai media Penghubung Telepon selular atau handphone. Alat ini dibentuk tanpa pinjaman Microcontroller jadi gampang dibentuk oleh siapa saja.

Sewaktu aku browsing di internet mengenai IC DTMF CM8870PI ini aku gres tau kalau ternyata IC ini sanggup dibilang sudah jadul dan Rangkaian Kontrol relay memakai DTMF ini pun sudah usang diaplikasikan sebagai remot jarak jauh.

Pada gambar dibawah ini diperlihatkan rangkaian standar penggunaan IC DTMF CM8870PI
 Pada project kali ini aku sedang menciptakan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengendal Rangkaian Remot Perangkat Elektronik memakai DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller
Pada rangkaian diatas Jika pada kaki Q1 s/d Q4 (Output) di pasang sebuah led maka led tersebut akan menyala sesuai Tone atau nada yang masuk ke IC yang berasal dari keypad handphone. Untuk menciptakan rangkaian diatas sanggup berfungsi mengendalikan alat elektronik maka rangkaian diatas perlu di ubah sedikit.

Komponen yang aku gunakan untuk menciptakan Alat ini ialah sebagai berikut :

  • 1 buah Regulator 7805
  • 1 buah IC DTMF CM8870PI
  • 1 buah Crystal Osc 3.579545 Mhz
  • 1 buah Resistor 1M Ohm
  • 1 buah Resistor 10K Ohm
  • 1 buah Resistor 330K Ohm
  • 2 buah Resistor 22K Ohm
  • 2 buah Resistor 33K Ohm
  • 2 buah Resistor 470 Ohm
  • 2 Buah Kapasitor Keramik 0.1uf (104)
  • 2 Buah Relay 5v/6v/12v (Terserah)
  • 2 Buah Dioda IN4007
  • 2 Buah Transistor NPN (s9014 p)
  • 2 Buah Led indikator (Merah)
Rangkaian sanggup anda lihat pada gambar di bawah ini
 Pada project kali ini aku sedang menciptakan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengendal Rangkaian Remot Perangkat Elektronik memakai DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller
Rangkaian Kendali Relay Menggunakan DTMF Receiver
Note: Transistor Q1 dan Q2 keliru, harusnya bukan 2n2222, yang aku gunakan ialah S9014

Penjelasan :

Pada rangkaian diatas aku memakai Tegangan 12VDC untuk menggerakan koil relay, alasannya ialah kebeteluan aku memakai Relay 12V maka tentu saja membutuhkan 12V untuk menciptakan relay sanggup bekerja. Selain untuk menggerakkan Relay, tegangan 12VDC ini juga dipakai untuk mengaktifkan IC DTMF namun sebelum masuk ke IC, Tegangan 12V tersebut diturunkan dulu menjadi 5V memakai Regulator 7805 karena, kalau tegangan yang masuk ke IC lebih dari 5V sanggup mengakibatkan kerusakan pada IC.

2 Buah Led pada rangkaian sifatnya optional saja, alias tidak harus ada. Pada rangkaian diatas aku sengaja memakai Led dengan tujuan hanya sebagai indikator Relay dalam keadaan ON atau Off. Kaprikornus kalau anda tidak ingin memakai Led indikator otomatis Resistor R8 dan R9 pun tidak perlu digunakan.

Transistor Q1 dan Q2 yang aku gunakan ialah jenis NPN dengan tipe S9014 (Kebetulan cuma itu yang aku punya) berfungsi sebagai saklar untuk mengaktifkan Relay. Kaprikornus dikala Output Pin 11 pada IC 8870PI menjadi HIGH (5V) maka tegangan akan melewati R6 dan selanjutnya ke kaki Basis Transistor S9014 yang mengakibatkan Transistor berada dalam keadaan Saturasi sehingga sanggup meng-On-Kan Relay. Transistor sanggup diganti dengan tipe NPN lainya, namun kalau anda mengganti transistor dengan tipe lain otomatis Nilai Resistor yang terhubung ke kaki Basis pun harus diubah.

Crystal Oscilator yang terhubung di kaki 7 dan 8 IC DTMF haruslah Crystal 3.579545 Mhz alasannya ialah itu sudah ketentuan menurut datasheet IC 8870 tersebut. jadi tidak sanggup memakai Crystal Osc dengan frekuensi selain itu.

Untuk input tone atau audio sebaiknya memakai Jack Audio Mono alasannya ialah lebih mudah. Kaprikornus cukup hubungkan kabel Audio dari Jack Mono ke Pin No 2 pada J2 dan Kabel Ground ke Ground. Namun kalau anda memakai kabel Jack Stereo, maka kabel R dan L (Right & Left) disatukan saja dan dihubungkan ke pin No 2 pada J2 dan Ground tetap ke Ground

Pada penerapanya aku memakai Handphone Nokia Jadul sebagai sumber tone atau nada DTMF. Dari yang sudah aku coba, ada beberapa jenis handphone/Smartphone yang tidak support dengan rangkaian ini jadi solusinya ialah dengan merubah ukuran transistor pada kaki 2 IC. Oh ia selain itu aku mendapati dikala memakai Hanphone yang berbeda maka Outputnya pun berbeda. Contoh dikala memakai Hanphone Nokia Q1 (Pin 11) Akan aktif kalau di tekan tombol 8 pada Keypad Hanphone dan Nonaktif (LOW) dikala di tekan tombol 9. Namun dikala aku memakai Smartphone Xiaomi Tombol yang dipakai untuk Mengaktifkan Q1 sudah bukan tombol angka 8 dan 9 lagi melainkan 1 dan 2.

Pengoperasianya pun sangat mudah, Di Handphone yang terhubung ke Alat ini disetting dulu pengaturan panggilannya menjadi Auto Answer semoga supaya dikala ada telepon masuk sanggup otomatis eksklusif dijawab. Kaprikornus dikala kita menelepon ke Handphone tersebut dari Handphone lain otomatis akan dijawab dan dikala kita menekan Keypad atau angka2 pada Handphone, Suara atau nada dari tombol-tombol tersebut akan terdengar pula di Handphone akseptor yang mana nada2 tersebut di teruskan ke IC DTMF melalui Kabel Audio sehingga sanggup merubah nilai Output IC dari LOW ke HIGH ataupun sebaliknya.
 Pada project kali ini aku sedang menciptakan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengendal Rangkaian Remot Perangkat Elektronik memakai DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller

Oke rasanya sudah capek aku mengetik jadi sebaiknya diakhiri saja hingga disini
Mohon maaf kalau klarifikasi terlalu panjang dan bertele-tele atau mungkin klarifikasi aku diatas agak membingungkan ataupun keliru, alasannya ialah intinya aku pun masih dalam tahap mencar ilmu dan masih banyak kekurangan

Sekian dan Terimakasih
Wassalam









KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2