KODE IKLAN DFP 1 Memperbaiki Adaptor Poe Ubiquity Yang Rusak Kemasukan Semut | pinsoon92

Memperbaiki Adaptor Poe Ubiquity Yang Rusak Kemasukan Semut

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Assalamualaikum
Artikel kali ini menceritakan pengalaman aku memperbaiki Adaptor POE (Power Over Ethernet) Ubiquity yang rusak Dengan lampu indikator tidak menyala yang di sebabkan oleh semut, Ya hewan semut.
 Artikel kali ini menceritakan pengalaman aku memperbaiki Adaptor POE  Memperbaiki Adaptor POE Ubiquity yang rusak kemasukan semut


Semenjak 2014 aku menekuni perjuangan RT/RW Net, entah sudah berapa kali aku harus mengganti Adaptor POE dari radio wireless Outdoor yang kerap kali rusak, sehingga otomatis radio wireless tidak sanggup menyala lantaran tidak mendapat supply tegangan dari Adaptor.

Awalnya aku dibentuk resah dengan bencana rusaknya Adaptor2 tersebut, Beberapa hal pun sempat terfikir oleh aku yang menjadikan adaptor2 ini rusak, Namun semua kemungkinan yang aku pikir tidak ada 1 pun yang sanggup dijadikan tersangka utama dari penyebab adaptor yang tewas secara misterius.

Jika penyebabnya lantaran petir, harusnya radio wireless yang berada di tiang pun ikutan rusak, atau ada perangkat elektronik lain didalam rumah yang ikutan rusak, tapi kenyataanya tidak ada 1 pun yang rusak melainkan hanya adaptor itu saja. Listrik yang tidak stabil pun harus aku coret dari daftar penyebab, lantaran aku memakai Stabilizer dan untuk persoalan mati lampu aku memakai AKI sebagai tegangan cadangan. Asumsi terakhir aku penyebab adaptor-adaptor POE ini sering rusak lantaran kondisi komponen di dalamnya yang simpel soak.

Setelah sekian lama, gres sekaranglah aku mengetahui niscaya penyebab misteri ini yaitu ketika aku mencoba membongkar Adaptor POE dan aku mendapati didalam adaptor sudah jadi Sarang Semut kecil/semut halus yang jumlahnya sangat banyak. Setelah aku bersihkan, terlihat di papan PCB ada jalur komponen yang terbakar lantaran korsleting, inilah yang menjadikan Adaptor-adaptor ini rusak.
aku bingung, kenapa sanggup ada banyak semut di dalam adaptor, padahal disitu tidak ada gula. atau kenapa juga semut semut itu harus bikin sarang didalam adaptor gak di daerah lain saja biar gak bikin repot orang. Bermodalkan Solder, Multimeter, sedikit pengetahuan elektro dan Rasa ingin tahu yang begitu besar, aku pun mencoba menganalisa kerusakan adaptor siapa tahu sanggup di perbaiki untuk di gunakan kembali

Pada kasus yang aku alami, korsleting terjadi di penggalan blok awal atau pada penggalan rectifier, yaitu masih di sekitar jalur tegangan 220VAC masuk kemudian ke Bridge Rectifier untuk di ubah menjadi sekitar 300VDC dilanjutkan ke kapasitor dan di teruskan ke blok berikutnya. Secara fisik terlihat ada jalur rangkaian yang tidak terhubung lagi, untuk itu aku menyambung kembali jalur tersebut memakai timah solder. Setelah itu aku mencoba mengukur komponen2 yang berada di sekitar korsleting terjadi memakai Multimeter untuk mengetahui komponen yang rusak. Sebagai langkah awal aku eksklusif mengecek Fuse/Sekring lantaran komponen inilah yang biasanya akan rusak duluan jikalau terjadi short/korsleting dan benar saja dugaan saya, fuse yang berada di samping soket ternyata sudah putus.

Setelah Fuse diganti aku eksklusif mencoba menyalakan adaptor, yang terjadi Sekring rumah eksklusif turun, itu artinya masih ada komponen yang bermasalah pada adaptor. Saya cek kembali memakai multimeter dan didapati ternyata Bridge Rectifier yang sudah rusak. kini sesudah bridge rectifier sudah di ganti, dengan penuh rasa was-was aku mencoba menyalakan adaptor untuk yang ke2 kali, Hasilnya sangat melegakan hati lantaran ternyata lampu Indikator sudah menyala dan Output tegangan pun sudah sesuai dengan yang tertera pada body adaptor yaitu 24VDC.
 Artikel kali ini menceritakan pengalaman aku memperbaiki Adaptor POE  Memperbaiki Adaptor POE Ubiquity yang rusak kemasukan semut
2 Komponen yang rusak dan harus di ganti
Beberapa hal yang perlu aku informasikan , berhati-hatilah ketika berurusan dengan komponen-komponen pada penggalan blok primer lantaran walaupun sudah tidak terhubung dengan listrik secara langsung, namun sanggup saja masih ada listrik yang tersimpan di dalam Elko dengan tegangan tinggi, makanya kosongkan terlebih dahulu muatan yang berada di dalam elko yang berukuran paling besar dengan cara menshortkan kedua kaki kaki nya. Komponen yang aku gunakan untuk mengganti komponen yang rusak yaitu komponen2 bekas yang aku ambil dari pcb bekas yang sering aku kumpulkan.

Seperti itulah pengalaman aku memperbaiki Adaptor POE Ubiquity yang rusak lantaran dijadikan sarang semut
Sekian dan terimakasih.
Wassalam
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2