KODE IKLAN DFP 1 Tutorial Arduino Dan Lcd 16X2 Memakai Shift Register 4094 | pinsoon92

Tutorial Arduino Dan Lcd 16X2 Memakai Shift Register 4094

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Assalamualaikum


Seperti pada artikel sebelumnya, agak sulit bagi aku untuk menemukam tumpuan penggunaan Shift Register 4094 pada LCF 16x2 alasannya kebanyakan tutorial yang ada seringkali memakai Shift register tipe 74HC595 yang tidak aku miliki

Memang sih, dari Pinout kedua shift register tersebut hampir seakan-akan namun alasannya intinya aku juga gres berguru maka butuh petunjuk yang lebih benar benar pas dan sesuai.

Yang dipersiapkan
  1. Arduino Uno (Tipe lain juga bisa)
  2. LCD 16x2 
  3. Shift Register 4094 ( aku pakai HC4094BCN)
  4. Libraries New Liquid CrystalMaster

Langsung Wiringnya sepeti pada gambar dibawah ini

Penjelasan
  1. Dengan memakai Shift Register kita dapat menghemat banyak pin IO Arduino alasannya dengan begini hanya 3 PIN arduiono yang digunakan.
  2. Jika kontras layar ingin di atur eksklusif dari arduino maka diharapkan 1 Pin lagi untuk Backlight kontrasnya, tapi kalau tidak suka dapat pakai Potensiometer saja
  3. Sumber power aku memakai dari arduino dengan mengambil dari Pin 5v dan GND
  4. Silahkan dipelajari penggunaan tiap perintah dari library ini dengan melihat pola contoh aktivitas yang tersedia di hidangan example

Sekian dan Terima kasih
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2