KODE IKLAN DFP 1 Rangkaian Audio Amplifier Sederhana Dengan Ic Lm386 | pinsoon92

Rangkaian Audio Amplifier Sederhana Dengan Ic Lm386

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Assalamualaikum
Artikel kali ini aku akan membahas perihal bagaimana caranya menciptakan sebuah Mini Amplifier sederhana memakai IC LM386. Rangkaian ini cocok untuk pemula menyerupai saya, alasannya yaitu cara membuatnya yang sangat gampang dan juga komponen-komponen nya pun dengan gampang sanggup kita dapatkan.

Sudah banyak Contoh rangkaian audio amplifier Menggunakan IC LM386 ini yang berterbaran di Blog blog lain, Rangkaian yang akan aku share ini pun sanggup dibilang hampir menyerupai dengan rangkaian-rangkaian lainya bahkan mungkin anda akan menemukan rangkaian yang sama persis dengan yang aku share ini, alasannya yaitu intinya semua rangkaian Amplifier LM386 didasari oleh rangkaian Minimum yang lalu di modifikasi dengan selera masing-masing namun intinya kesemuaan itu sama saja hanya saja mungkin berbeda pada kualitas hasil output audionya saja.

Sebelum masuk ke komponen dan rangkaian ada baiknya anda perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui Pinout atau fungsi dari masing-masing kaki IC LM386.
Rangkaian Minimumnya yaitu menyerupai pada gambar dibawah ini dengan Gain atau penguatan sebesar 20x
Untuk meningkatkan Gain hingga 200x anda cukup menghubungkan Pin 1 dan 8 memakai sebuah Kapasitor

Komponen yang dibutuhkan

  1. IC LM386
  2. Potensio 10K
  3. Resistor 10 Ohm
  4. Elco 220uF 16v/25v 2 buah
  5. Elco 100uF 16v/25v 1 buah
  6. Elco 10uF 16v/25v 1 buah
  7. Kapasitor Mylar 474j
  8. Jack Audio 3 Pin
  9. Speaker 8 Ohm
Jalur Scehmatic atau rangkaianya sanggup anda lihat pada gambar dibawah ini
Catatan :

  • Nilai C2 pada Gambar diatas seharusnya bernilai 220uF
  • Untuk Jack Audio , disini aku memakai headset bekas yang mempunyai 3 Kabel, 1 Untuk Right (Kanan), 1 Left(Kiri) dan 1 lagi Ground. Karena rangkaian ini merupakan Rangkaian audio mono maka kabel left dan right disatukan saja untuk jadi input audionya. Untuk mengetahui fungsi masing-masing kabel aku memakai Avometer dengan cara Kabel yang terhubung ke Bagian paling besar pada ujung jack audio yaitu Ground secara otomatis, ke 2 kabel lainya yaitu Left dan Right.
  • Input Power DC sanggup berasal dari Charger Hp (5v) namun untuk mendapat kualitas bunyi yang elok disarankan minimal tegangan yaitu 9v tapi jangan hingga lebih dari batas tegangan kerja IC LM386.
Berikut penampakan simple mini audio Amplifier yang telah aku solder pada papan PCB

Sekian dan Terimakasih 
wassalam
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2